Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
 Resensi Buku  Happy Little Soul

Resensi Buku Happy Little Soul

(Tantangan Menulis Gurusiana Hari ke 14)

Nama Pengarang : Retno Hening Palupi Nama Penerbit : GagasMedia Ketebalan Buku : XIV + 202 halaman Tahun Terbit : 2017 Nomor Edisi: ISBN 978-979-780-886-0

Cetakan : Keenam, 2017

Genre : Parenting

Harga : Rp 80.000

Belajar Memahami Anak dengan Penuh Cinta

Pendahuluan

Tentang Penulis

Retno Hening Palupi merupakan seorang Ibu rumah tangga yang banyak menghabiskan hari-harinya untuk bermain bersama gadis kecilnya, Kirana. Retno akrab disapa Ibuk oleh Kirana. Lahir di Rumbai pada tanggal 15 September 1988. Dan kini tinggal bersama suami dan kedua anaknya di Muscat, Oman, karena Retno mengikuti penugasan tempat suami bekerja.

Dulunya Retno sempat mengajar di sebuah preschool, Yogyakarta. Di kelas playground, ia masih menjadi asisten. Sedangkan di program bermain untuk usia 6 bulan – 2,5 tahun sudah sempat menjadi guru untuk anak usia tersebut.

Buku Happy Little Soul merupakan buku pertama karyanya yang dicetak dalam dua versi buku, yaitu hard cover dan soft cover.

Isi

Sinopsis Buku

Buku ini menceritakan kisah penantian pasangan orang tua Kirana yang cukup lama menanti kehadiran seorang anak, masa kehamilan, sempat merasakan pernikahan jarak jauh untuk sesaat karena suami harus pindah ke Oman, masa mengurus bayi Kirana, dan cara ibuk Retno Hening (Ibuk adalah sapaan khas ibunda Kirana pada Retno) dalam mendidik Kirana. Ada cerita keseharian beserta contoh-contoh permainan yang dibuat Ibuk untuk Kirana.

Isi Buku ini tema atau garis besarnya:

1. Berkomunikasi dan memahami anak

2. Menjadi Ibu yang baik

3. Menjalin kerjasama dengan anak

4. Mencintai dan mengapresiasi anak

5. Belajar dan bermain

6. Menjadi orang tua yang kreatif

7. Melibatkan anak

8. Menyampaikan nasihat dengan cara yang asyik

9. Membuat reward dan aturan

10. Mengajarkan kebaikan

11. Menjadi ibu yang bahagia

12. Memaafkan diri sendiri dan belajar dari kesalahan

13. Tidak mudah marah dengan hal-hal kecil

14. Meminta pengertian dan pertolongan suami

Penutup

Sebagai salah satu buku rekomendasi untuk parenting, buku ini terkesan mengalir dan tidak menggurui. Retno menyajikan cerita apa adanya dan rendah hati. Poin-poin penting untuk mendidik anak diceritakan sepenuhnya dengan pengalaman pribadi Ibuk Retno.

Menjadi ibu adalah tentang jatuh cinta setiap hari kepada anak dan suami, tentang belajar bersabar tiada henti, dan tentang menguji keikhlasan yang dimiliki. Kita bisa menemukan kekuatan yang tak sangka dimiliki, dan melakukan segala sesuatu yang rasanya tak mungkin dikerjakan, tetapi akhirnya bisa dilalui“ – Kutipan dari buku ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post