Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resensi Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun
dokumentasi pribadi

Resensi Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun

(#TantanganGurusiana Hari ke 18)

Dulu waktu hamil, saya beli buku ini secara online buat baca-baca di kosan. Memang

secara teori sepertinya simpel , tapi prakteknya Masya Allah tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Pengarang: TigaGenerasi (Tim TigaGenerasi yang terdiri dari 11 orang yang terdiri dari psikolog, dokter anak, sampai dokter gigi)

Penerbit: Wahyu Media

Tahun terbit: Cetakan Ketujuh, 2018

Jumlah halaman: 392 halaman

Jenis Buku: Parenting

Harga : 135.000

Sinopsis

Sesuai dengan judul bukunya, Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 tahun, maka isinya pun demikian. Isi buku ini terbagi ke dalam lima fase, yaitu:

a. Pengasuhan bayi usia 0-6 bulan

Pada fase 0-6 bulan: dimulai dengan tahap perkembangan, kecepatan pertumbuhan, masalah ASI, imunisasi, sampai masalah kesehatannya.

b. Pengasuhan bayi usia 6-12 bulan

Pada fase 6-12 bulan: juga dimulai dengan tahap perkembangannya, MPASI, perawatan gigi, sampai permainan apa yang bisa diberikan.

c. Pengasuhan bayi usia 12-18 bulan

Pada fase 12-18 bulan: mulai masuk pada tahap 1 tahun anak, orang tua sudah bisa mengenalkan hari ulang tahunnya, orang asing, emosi, sampai memilih buku.

d. Pengasuhan bayi usia 18-24 bulan

Pada fase 18-24 bulan: mengenalkan manfaat bermain, aktivitas di luar ruangan, mengenalkan bentuk, sampai tentang kemandirian.

e. Pengasuhan bayi usia 24-36 bulan

Pada fase 25-36 bulan: anak mulai bisa merangkai kata, imajinasi, pengendalian diri, sampai pengenalan ciri-ciri anak yang sudah bisa masuk kelompok bermain.

Buku ini juga menjelaskan beberapa mitos-mitos saat punya anak. Salah satunya banyak orang tua dulu yang bilang, kalau bayi menangis itu artinya sedang olahraga atau melatih paru-parunya. Padahal, ketika bayi dibiarkan menangis terlalu lama, maka dapat menghambat perkembangan otaknya.

Buku ini tidak hanya bisa dibaca oleh ibu, tetapi ayah pun bisa. Sebab di buku ini beberapa pembahasannya juga memberikan referensi, bagaimana ayah bisa berperan dalam rangka mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Bahkan, bagi pembaca yang masih single, atau calon ayah ibu pun bisa membacanya sebagai persiapan menjadi orang tua.

Hanya satu kekurangan pada buku ini, yakni penjilidannya agak mudah robek.

Penutup

Kesimpulannya, buku ini sangat membantu para calon maupun orangtua dalam mengasuh anak usia 0-3 tahun sebagai tambahan wawasan.Bukunya penuh warna, langsung pada inti masalah, banyak gambarnya, tidak bertele-tele. Menarik untuk dibaca karena dihias ilustrasi yang bagus. “Tiga tahun pertama merupakan fondasi anak untuk berkembang optimal. Kenali, hargai dan nikmati setiap momen bersama langkah kaki kecilnya. Tiga tahun pertama akan berlalu dalam sekejap mata.” (Kutipan dari buku ini di halaman 392)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantul

03 Jun
Balas

Sukses selalu untuk ibu.

03 Jun
Balas

makasih

04 Jun

makasih

04 Jun

Informasi yang jitu untuk yang mempunyai bayi.

03 Jun
Balas



search

New Post