Nur Fajrina

Lahir di Jogja, Agustus 1989. Mengajar di SMPN 2 Gunungsindur Kabupaten Bogor. Baru mulai menulis blog di Gurusiana pada Mei 2020 sebagai pengisi waktu di rumah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Resensi Buku Kirana & Happy Little World

Resensi Buku Kirana & Happy Little World

( #TantanganGurusiana Hari ke 49 )

Judul buku : Kirana & Happy Little World

Penulis : Retno Hening Palupi

Ilustrator dan desain sampul : Isnina Aryani Hasanah

Editor : Tesara Rafiantika

Penerbit : GagasMedia

Cetakan : pertama, 2018

Tebal buku : iv + 172 hlm; 13 x 19 cm

ISBN : 978-979-780-916

Harga Buku : 68.000

Sinopsis:

Buku kedua dari Ibuk Retno Hening ini masih mengambil tema pengasuhan anak, lewat berbagi kisah keseharian bersama sang putrid yang bernama Kirana. Berbeda dari buku dengan narasi seperti di buku pertama, kali ini cerita di buku kedua berwujud komik lengkap dengan ilustrasi gambar yang berwarna-warni. Buku ini berisi sejumlah judul cerita mengenai berbagai sisi kehidupan sehari-hari Kirana dan Ibuk. Meskipun ceritanya terkesan sederhana dan tak beda dengan keseharian keluarga lain, tapi adanya ilustrasi komik membuatnya tetap memikat.

Ada kisah kebersamaan Ibuk dan Kirana di dapur ketika menyiapkan masakan dan membuat kue. Dikisahkan bagaimana Ibuk tetap bisa menyelesaikan tugas rumah tangga tanpa melupakan pengawasan dan perhatian terhadap Kirana. Ibuk melibatkan Kirana dalam aktivitas ringan sesuai usianya dengan memberikan kesibukan positif lain yang tetap dapat dipantau. Ibuk juga mengajarkan lewat tindakan nyata mengenai pentingnya berbagi, meskipun hanya sepotong kue atau sekotak jus. Kirana jadi lebih peka terhadap orang sekitar. Teladan menyayangi sesama juga terlihat lewat pergaulan Kirana dengan teman-teman sebaya, juga rasa sayang terhadap binatang peliharaan.

Penutup:

Kirana & Happy Little World bukan hanya potongan adegan kehidupan seorang anak jenaka, tetapi juga “sahabat kecil” semua orang yang sedang belajar mensyukuri hidup dan berbagi dengan orang lain. “Sahabat Kecil” yang bercerita bagaimana orangtua dan anak tumbuh bersama dalam cinta.

16 kisah interaksi Retno bersama Kirana dalam buku ini disampaikan secara santai dan ringan dengan bahasa yang biasa mereka gunakan sehari-hari. Dengan logatnya yang khas, Kirana sesekali menggunakan kata dalam bahasa Inggris. “Ibuk ini warna merah aja, ya? Ibuk suka, ndak, kalau flower-nya warna purple?”, tanya Kirana sambil menunjukkan lembar mewarnainya. Peristiwa-peristiwa kecil dan sederhana yang dibagikan penulis mampu menyentuh hati, mengharukan, mengelikan, mengundang senyum dan menginspirasi pembaca.

Walau ceritanya sederhana, namun memiliki pesan moral yang mendalam bagi perkembangan karakter anak-anak seperti rela berbagi, mau memaafkan, menyayangi orang lain, bersabar, peduli, menikmati hidup, berbahagia, bersyukur, bersahabat dengan lingkungan sekitar, pendidikan iman, dan kasih sayang antar anggota keluarga. Pola pengasuhan anak seperti yang dilakukan penulis bisa dijadikan contoh bagi para ibu maupun calon ibu.

“Ibu, kadang kita sulit menemukan waktu untuk melakukan hal yang kita senangi. Kadang jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Namun, jalanilah semuanya dengan sabar dan ikhlas. Bersyukurlah Allah menitipkan kepada kita sebidang pahala bernama keluarga.” - Kutipan dari buku ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren bu, saya tertarik bukunya bu, bgm?

05 Jul
Balas

Keren bukunya

04 Jul
Balas

Buku bagus. Gemes dg Kirana yang chubby

04 Jul
Balas

wah pasti pengikut IG kirana iniiiih

04 Jul



search

New Post